if you have any question, please call
021. 7592 2934
 
Events
News
Press Release
04 March 2013
Jumpa Pers? Jangan Saya...!

ATLET, PENGGEMAR, DAN MEDIA 

Sejumlah atlet menyadari pentingnya suporter, penggemar, dan media, tetapi sebagian yang lain tidak. 

Kepala Humas BSI Bola Voli Proliga 2013, Lutfi Sukri, suatu saat mengeluh. "Pemain tidak ada yang mau jumpa pers, katanya tidak pede (percaya diri). Pelatih saja, ya" katanya, ketika berlangsung Seri II Palembang. Sumatera Selatan, akhir Februari 2013. Pada saat yang lain pelatih yang enggan datang ke ruangan konferensi pers karena timnya kalah. 

Akhirnya mulai Seri III di Solo, Jawa Tengah, Lutfi berinisiatif memberikan kertas permintaan wawancara kepada pelatih dan pemain atau manajer tim, tidak lagi secara lisan. "Ini sebenarnya aturan resmi dari FIVB. Wartawan yang mau wawancara menulis permintaan tertulis. Itu ditandatangani dewan hakim. Kalau menolak, ada dendanya," katanya, sambil memperlihatkan formulir yang telah ditandatangani seorang dewan hakim.

Apa yang terjadi? Upaya itu tak berjalan mulus. Masih ada pelatih dan pemain yang menolak datang. Bahkan, atlet nasional Brian Alfianto dan Koko Prasetyo menolak hadir, termasuk saat menang. Padahal, itu permintaan resmi.

Apresiasi patut diberikan kepada pelatih tim putri Jakarta TNI AU Risco Herlambang Matulessi dan kapten Novriali Yamie. Kendati timnya belum pernah menang, Risco dan Yamie sambil tetap tersenyum menjelaskan kekalahan.

Pada Proliga musim lalu, pemain. terbaik Rudi Tirtana bahkan acuh dengan penggemar kebanyakan perempuan yang mengerubutinya. Namun, di Proliga musim ini, Rudi tampak mulai cair dan menebar senyum kepada para penggemarnya di luar stadion. 

Para Proliga 2011, ketika Proliga masih disponsori Sampoerna Hijau dan ada konsultan media Prasasta, para atlet diberi "penataran" komunikasi. Bagaimana seharusnya mereka menghadapi wartawan dan penggemar. Namun, pembekalan itu seperfi menguap begitu saja.

Bolehlah membandingkan Proliga dengan kompetisi Liga Bola Basket Nasional Indonesia atau Liga Bola Basket ASEAN. Atlet basket keluar lapangan balt bintang, menyapa penggemar tanpa diminta, bahkan bercipika-cipiki, cium pipi kanan cium pipi kiri. Guard Indonesia Warrior, Mario Wuysang, misalnya, selalu dikerubuti penggemar sebelum dan setelah bertanding. Begitu pula guard Satria Muda Britama, Ronaldo Sitepu. Di Australia, atlet secara berkala mendapat pelatihan media, termasuk kehumasan. Bahkan seperti bintang film atau penyanyi mereka juga memiliki manager yang salah satu tugasnya melambungkan nama sang atlet, hingga wajahnya terpampang di sampul majalah. Sponsor pun masuk dan sang atlet menjadi bintang iklan. Kesadaran akan personal branding sangat tinggi. Elite Sports Properties Holdings Pty Ltd adalah satu perusahaan manajemen dan pemasaran untuk olahraga dan hiburan di Australia. 

Menyadari 

Sejumlah atlet menyadari pentingnya suporter. penggemar, dan media, tetapi sebagian yang lain tidalt. Kapten tim Jakarta Sananta Indocement, Rizal (29), termasuk atlet yang sangat ramah dan murah senyum. Pengalaman telah banyak mengajarkan Ayip untult menghargai diri sendiri dan orang lain. Eks pemain nasional yang kini menjadi polisi ini beberapa kali mengikuti liga bola voli di Vietnam dan Thailand. 

"Saya takut dinilai berlebihan kalau membicarakan suporter atau penggemar. Tidak enak. Memang di setiap kota selalu saja ada yang minta foto bareng, minta nomor telepon, dan lain-lain," kata Ayip, yang dibesarkan klub Surabaya Samator.

Para atlet biasanya memiliki penggemar masing-masing. Pemain tim putri Electric PLN, Berllian Marsheilla, misalnya, memiliki penggemar fanatik di banyak kota. Ketika bermain di Solo, misalnya, tak jarang penggemar membawakan Sheilla makanan khas kota itu. Asyik kalau semua pemain voli memahami pentingnya personal branding. Tidak akan ada lagi jawaban "jangan saya dong" ketika diminta konferensi pers. Jika jawabannya seperti itu, batas antara tidak pede dan cuek menjadi tipis. (IVV)

Kompas Cetak - 4 Maret 2013 - Hal 28

  
SocialTwist Tell-a-Friend
 
  YOUR COMMENTS
  0 Comments

  POST YOUR COMMENT    
  Name :
  Email :
  Comment :
  Input Verification Code :
       
          

 
  « HOME »   « ABOUT US »   « SERVICES »   « FROM US »   « NEWS BUREAU »   « CONTACT US